MANFAAT TARIK NAFAS PANJANG

ketika rasa panik dan gugup melanda, pernahkah mencoba untuk menarik napas Anda dengan panjang atau dalam, dan seketi kaperasaan Anda kembalitenang. Terasaanehmemang, tapi sangat efektif untuk dilakukan.Ternyata, keuntungan menarik napas panjang/dalam tidak hanya untuk meredakan perasaan gugup.Para ahli mengatakan, menarik nafas dalam-dalam pada saat -saat tertentu dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya.Berikut adalah manfaat-manfaat lain dari bernapas dalam-dalam:

1. Meredakanstres

Aktivitas sehari-hari dan hubungan kita dengan sesama terkadang dapat meningkatkan kadar stres. Hal ini menyebabkan pernapasan menjadi lebih cepat dan tekanan darah pun meningkat.Padahal, kedua kondisi ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan.Menarik napas secara dalam merupakan salah satu hal yang terbaik untuk meringankan rasa stres, sehingga pikiran kembali fokus dan jernih. Ketika menarik napas dengan dalam, Anda mengirimkan sinyal kepada otak untuk tenang dan rileks. Kemudian otak meneruskan sinyal tersebut ketubuh, sehingga Anda merasa rileks kembali.

2. Mengurangi rasa cemas

Rasa cemas dapat berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan penyakit. Latihan napas mendalam dapat membantu membersihkan setiap ‘sumbatan’ dalam pikiran, sehingga membantu Anda kembali fokus.Dengan begitu Anda dapat mengurangi atau pun menghilangkan rasa cemas Anda.

3. Memperbaiki sirkulasi darah

Menarik nafas dalam-dalam secara teratur dapat meningkatkan dan memperbiki pengiriman oksigen ke seluruh organ tubuh. Cobalah menarik napas dalam melalui perut Anda untuk meningkatkan suplaioksigen ke organ-organ tubuh dan membantu seluruh perkembang anda risistem tubuh.

4. Membantu Detoksifikasi

Menarik napas dalam secara rutin kita dapat melakukan detoksifikasi organ tubuh. Karena ketika kita menarik napas dengan dalam, dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga membersihkan sistem tubuh Anda.

5. Menurunkan tensi darah

Menurut penelitian yang diterbitkanjurnal The Lancet, pasienjantung yang mengambil napas pendek sebanyak 12-14 hembusan per menit (enamhembusan napas permenit sudah dianggap optimal) lebih cenderung memiliki kadar oksigen rendah, yang dapat merusakan otot rangka dan fungsi metabolisme, sehingga menyebabkan atrofiotot (penurunanmassaotot). Rutin menarik napas dengan dalam telah terbukti menurunkan tekanan darah.

6. Membantumengurangi rasa sakit

Dengan menarik napas dalam-dalam, tubuh akan mengeluarkan hormonendorfin. Ini adala sejenis zat yang memberikan rasa nyamandan juga merupakan pereda rasa sakit alami. Hormonini juga dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks.Otot yang tegang merupakan penyebab utama nyeri pada leher, punggung dan lambung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menarik napas dalam-dalam memberika nmanfaat bagi penderitaasma.

7. Membantu memperbaiki kesehatan fisik dan mental

Bernapasdalam-dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah, meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara—memperlambat detak jantung Anda, memperbaiki sirkulasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu pencernaan, sehingga pada akhirnya membantu meningkatkan kinerja mental dan energi.

8. Relaksasi Perut

Penelitian telah menunjukkan dengan menarik napas dengan dalam dapat merelaksasi perut dan membantu perut Anda untuk bergerak dengan tepat.Jadi, jika Anda sedang mengalami pergejolakan di dalam perut cobalah untuk menarik napas dengan dalam, terutama ketika Anda sedang berada di toilet.

9. Mengurangi Rasa Gugup

Gugup merupakan perasaan yang umum dialami oleh setiap orang.Terkadang rasa gugup dapat membuat seseorang sulit untuk berbicara, ketika haltersebut terjadi, bernapas dalam-dalam dapat di lakukan untuk mengatasinya. Cobalah untuk menutup mata sambil menarik napas dengan dalam selama satu atau dua menit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s