MEDITASI KESADARAN

meditasi

Meditasi kesadaran bertujuan untuk menggugah/membangkitkan kesadaran kembali sekaligus melakukan pemahaman dan penghayatan terhadap seluruh organ tubuh. Dalam meditasi ini kita diajak untuk menghayati seluruh keunikan tubuh kita sendiri yang telah sekian tahun membantu kita melakukan segala aktifitas, sejak masih bayi hingga kini. Hormatilah tubuh anda dan hargai sedemikan rupa dengan memberi senyuman dan energi posistif(udara / oksigen). Ingatlah penciptaan diri anda sebagai manusia merupakan misteri supranatural tertinggi. Meditasi penghayatan berfungsi untuk mempertajam indera batin(rahsa), dengan menumbuhkan kembali kesadaran kita terhadap hal-hal yang telah dilupakan akibat dari pemakaian otak yang terlalu difokuskan pada kegiatan rutin dan daya logika. Dalam meditasi ini segala hay yang sudah dilupakan diingat kembali. Mendekte pikiran kembali ke dunia yang penuh kemurnian dengan penghayatan. Dalam meditasi kesadaran yang dibutuhkan adalah penghayatan total yang memerlukan keterlibatan rasa. Dengan meditasi kesadaran ini akan membimbing kita mengenali diri sendiri dan tahu bagaimana menghargai hidup itu sendiri.
Teknik meditasi kesadaran
1. Duduk dengan posisi punggung tegak senyaman mungkin.
2. Pejamkan mata atau mata terbuka sedikit.
3. Dengan penuh kesadaran ucapkan doa permohonan ampun(istigfar) dan doa syukur kepada Tuhan yang maha Esa.
4. Lakukan pernafasan segitiga : Hirup udara melalui hidung pelan. Rasakan sensasi nafas yang masuk ke seluruh tubuh. Tahan nafas beberapa hitungan. Kemudian lepaskan nafas pelan-pelan melalui mulut. Ulangi beberapa kali.
5. Setelah itu mulai melakukan penghayatan terhadap seluruh organ tubuh. Rasakan kehadiran organ kepala, leher, badan, tangan sampai ujung kaki, berikan senyuman kepada setiap anggota tubuh kita.
6. Rasakan terus sensasi apa saja yang terasa ditubuh anda. Lepaskan segala ketegangan otot. Tenang dan rileks baik raga maupun pikiran.
7. Lakukan kurang lebih selama 15 menit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s