Minuman sehat

minuman
Tak ingin terlihat tua lebih cepat tapi tak ingin menggunakan prosedur operasi atau obat-obatan kimia? Ubahlah gaya hidup Anda.

Penghambatan proses aging atau penuaan bisa dimulai dari dalam dan luar tubuh secara alami. Hindari berbagai hal yang berbahaya untuk kulit, misalnya merokok, konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan obat-obatan, salah diet, kurang olahraga, terpapar sinar matahari berlebihan, konsumsi soda dan terlalu banyak gula. Hal ini akan menjadi pencetus terjadinya proses penuaan lebih cepat.

Untungnya beberapa varian minuman akan membantu menghambat proses penuaan dini. Minuman ini juga akan membantu membuat tampilan Anda jadi lebih muda, dan kulit yang sehat. Tapi ingat, minuman ini bukan ramuan ajaib yang sekali minum langsung terlihat khasiatnya. Minuman ini harus dikonsumsi sesering mungkin agar dampaknya terasa. Jangan lupa juga untuk memangkas konsumsi gula berlebihan.

Berikut beberapa minuman yang bermanfaat untuk kesehatan dan menghambat penuaan, dikutip dari MSN.

1. Jus jeruk bali
Jeruk mengandung banyak vitamin C yang akan membantu mengatur dan menghasilkan kolagen. Kolagen adalah bahan yang akan membuat kulit jadi lebih fleksibel dan kuat. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang, hal inilah yang akan menyebabkan kerutan dan kulit kering, sebagai gejala awal dari aging. Jeruk bali juga mengandung spermidine yang akan membantu pertumbuhan sel.

2. Susu almond Smothie dengan pisang dan alpukat
Susu almond mengandung vitamin A,D dan E. Semua vitamin ini akan membantu meningkatkan kualitas kulit sehat. Kalsium dan protein di dalamnya akan membuat kulit dan kuku jadi lebih kuat. Sedangkan alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang akan membantu penyerapan vitamin, membuat kulit awet muda dan membuat kulit jadi lebih bercahaya. Tambahan pisang akan menambah jumlah vitamin A, B, dan E yang bisa membuat kulit jadi sehat.

Smoothie lainnya yang bisa jadi pilihan adalah Greek Yoghurt Fruit Smoothie. Smootie ini dibuat dari campuran greek yoghurt dan aneka buah berri. Greek yoghurt mengandung laktosa rendah dan karbo yang rendah. Sedangkan kandungan protein, probiotik dan nutrisi lainnya jauh lebih tinggi dibanding yogurt pada umumnya.

Jadi ketika ingin menikmati smoothie anti aging, campur saja greek  yoghurt dengan buah pisang, berri dan flax. Berri mengandung antioksidan khususnya vitamin C yang bertanggung jawab untuk pembentukan kolagen.

3. Jus bit, apel, bayam, wortel dan berri
Semua jenis buah dan sayur ini sangat karya warna. Ini adalah salah satu pertanda bahwa buah dan sayur ini memiliki vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat banyak dan berfungsi untuk menunda proses aging. Protein dari tanaman akan membantu menbuat kulit jadi lembut, awet muda, putih cerah. Selain itu, jus ini juga akan memperkuat rambut, gigi dan kuku.

Jus lain yang bisa dinikmati adalah jus lidah buaya. Lidah buaya akan membantu menjaga kulit tetap awet muda. Lidah buaya mengandung asam amino dan nutrisi yang membantu mengganti sel kulit mati dan mengatur produksi kolagen. Antioksidan akan membantu regenerasi kulit dan elastisitasnya. Konsumsi yang rutin akan membantu membuat kulit halus dan kenyal.

4. Air putih dan teh
Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Air ini merupakan komponen penting untuk menghidrasi semua organ. Tanpa air, kulit akan menjadi kering, sedangkan rambut dan kuku akan jadi kuat. Kekurangan air akan meningkatkan racun dalam tubuh yang menyebabkan proses di tubuh jadi terhambat.

Selain air putih, teh juga bisa dijadikan alternatif pilihan yang sehat. Kandungan catechin dan antioksidan di dalamnya akan mencegah saraf mati. Selain itu teh juga akan meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan pembengkakan dan membuat Anda terlihat lebih segar dan sehat.

5.  Wine
Bagi Anda yang bisa mengonsumsi wine, minumlah dengan bijak. Konsumsi wine yang bijak akan membantu memperpanjang usia sel kulit karena resveratrolnya. Namun terlalu banyak minum wine justru akan mempercepat proses aging dan merusak hati.

6.  Susu kedelai
Susu kedelai mengandung phytochemical di dalamnya. Bahan aktif ini akan membantu membuat kulit jadi lebih halus dengan cara meningkatkan kadar elastin dan kolagen dalam kulit. Hal ini juga berguna untuk mencegah timbulnya kerutan.

Sebuah hipotesa pun berkembang seputar kandungan lain di dalamnya, yaitu isoflavone. Isoflavone dianggap bisa melindungi kulit dair kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain susu kedelai, Anda juga bisa mengonsumsi tofu, tempe dan edamame untuk mendapat manfaat ini.

7.  Cokelat panas
Butuh alasan tepat menikmati secangkir cokelat? Cokelat panas akan membantu Anda untuk menjaga kulit tetap awet muda. Biji cocoa mengandung antioksidan, flavonoid dan polyphenol untuk anti aging. Ini adalah senyawa alami dalam tanaman yang akan menghabisi radikal bebas perusak tubuh. Untuk manffat ekstra, konsumsi cokelat hitam akan lebih baik dibanding cokelat susu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s