Musik sehatkan jantung

musik
Para peneliti di Washington menemukan fakta bahwa orang yang mendengarkan musik favoritnya, pembuluh darah mereka akan melebar sama halnya ketika tertawa, hal demikian adalah menguatkan jantung orang tersebut.

“Kami mendapatkan efek yang cukup mengesankan,” kata Dr. Michael Miller, direktur pencegahan penyakit jantung (kardiologi) di University of Maryland Medical Center, Baltimore, AS.

“Diameter pembuluh darah membaik,” lanjutnya. “Pembuluh darah terbuka dengan cukup mantap. Anda dapat menemukan pembuluh darah terbuka ketika melakukan aktivitas seperti berolahraga.”

Disaat pembuluh darah terbuka lebih lebar, aliran darah mengalir dengan lembut dan akan mengurangi penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Pembuluh darah yang elastis juga dapat menghindari aktivitas pengerasan atherosclerosis.

“Kami tidak mengatakan jangan berolah raga, namun tambahkan penemuan ini pada seluruh program kesehatan jantung,” kata Miller yang mempresentasikan penemuannya di pertemuan Asosiasi Jantung Amerika di New Orleans.

Tim Miller telah melakukan uji coba pada 10 pria dan wanita yang sehat dan tidak merokok, untuk mendengarkan musik favorit mereka.

Selama setengah jam mereka mendengarkan musik favoritnya dan setengah jam kemudian untuk mendengarkan musik yang mereka katakan dapat membuat merasa gelisah. Sementara itu para peneliti melakukan disain uji coba ultrasound untuk membuktikan fungsi pembuluh darah.

Dibandingkan dengan ukuran garis batas normal, diameter pembuluh darah bertambah lebar 25 persen diatas rata-rata ketika para sukarelawan mendengarkan musik yang gembira. Mendengarkan musik yang tidak disukai (paling banyak lagu yang tidak disukai dalam kelompok ini adalah jenis heavy metal) dapat menyusutkan pembuluh darah hingga 6 persen, kata Miller.

Miller mengaku mendapatkan ide penelitian ini setelah menemukan bahwa tertawa dapat menyebabkan aliran darah mengalir lebih lembut.

“Saya bertanya pada diri sendiri, hal lain apa yang dapat membuat diri kita nyaman, selain makan coklat yang berpotensi menggemukan. Lalu, musik muncul dalam pikiran saya…Benar-benar membuat diri saya nyaman,” kata Miller.

Kebanyakan dari sukarelawan memilih musik country, akan tetapi Miller berpendapat yang paling penting dapat menyenangkan setiap orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s