Kanuragan Warisan Nusantara

                                                        nusantara1 (2)Kanuragan Warisan Nusantara

Olah Raga dan Olah Fisik Kanuragan. Olah raga, olah fisik dan olah gerak adalah tingkatan yang paling dasar. Yang bersifat kesaktian, tujuan latihannya adalah untuk kekuatan, kelincahan dan kecepatan gerak, ketrampilan (teknik beladiri) dan prestasi, kesehatan dan kebugaran. Biasanya juga ada teknik pernafasan dalam masing-masing gerakan, tetapi teknik pernafasan itu hanyalah bagian dari olah raga atau olah fisik tersebut. Misalnya dalam gerakan-gerakan karate atau jurus-jurus pencak silat, biasanya juga ada teknik pernafasan yang diajarkan dalam melakukan gerak / jurus tersebut, teknik pernafasan itu adalah bagian dari gerakan / jurus tersebut, bukan khusus untuk melatih olah nafas. Jenis kekuatan yang dihasilkan dalam olah raga dan olah fisik kanuragan adalah kekuatan fisik / kanuragan atau ada juga yang menyebutnya tenaga dasar, yaitu kekuatan fisik kanuragan yang dilambari dengan olah nafas tertentu dan kekuatannya menyatu dengan fisik. Cakra energi tubuh yang bekerja biasanya adalah dominan cakra-cakra yang berada di dada saja. Ilmu Kanuragan adalah satu kesatuan ilmu olah fisik dan gerak, termasuk yang dilambari dengan ilmu gaib dan ilmu khodam, olah nafas dan olah batin untuk kanuragan.
Olah Nafas dan Tenaga Dalam. Dalam dunia ilmu bela diri dan kesaktian dikenal adanya istilah tenaga dalam. Secara umum pengertian tenaga dalam adalah suatu bentuk energi yang dihasilkan oleh tubuh manusia, yang bersumber dari cakra-cakra energi tubuh manusia, ada juga yang menyebutnya sebagai daya gaib. Secara umum semua manusia di dalam cakra-cakra energi tubuhnya terkandung tenaga dalam. Hanya saja dalam kondisi alaminya sehari-hari tenaga dalam itu tidak muncul. Kegaiban (daya gaib – potensi diri) ini baru akan terbentuk menjadi sesuatu yang berarti setelah diolah secara khusus, misalnya dibangun dengan olah pernafasan. Secara umum energi tenaga dalam ini dibangkitkan dan diolah dengan cara olah nafas tenaga dalam, walaupun ada juga pengolahan cakra-cakra energi dengan cara lain selain olah nafas. Seseorang yang sudah melatih tenaga dalamnya, sudah mapan kekuatannya, dan sudah mahir dalam penggunaannya, dapat memiliki kekuatan tubuh yang luar biasa, yang bisa sampai puluhan atau bahkan ratusan kali lipatnya dibandingkan orang lain yang awam, sehingga ia dapat melakukan perbuatan-perbuatan yang akan mustahil dilakukan oleh orang kebanyakan. Ini juga adalah suatu bentuk kegaiban, kegaiban yang berasal dari dalam diri manusia sendiri.
Jenis energi tenaga dalam yang dihasilkan dalam olah nafas tenaga dalam dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Tenaga Dalam (Kanuragan).
2. Tenaga Dalam Murni.
Selain kedua jenis energi tenaga dalam itu ada juga yang disebut Hawa Murni, yaitu suatu bentuk energi yang dihasilkan oleh tubuh manusia yang sifatnya adalah pemicu munculnya jenis energi yang lain, atau menjadi pengisi kekosongan energi ketika manusia sedang kelelahan / kehabisan tenaga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s